Pages

Subscribe:

Pramuka membina siswa disiplin


Siapa yang tidak kenal dengan Pramuka ? atau mungkin sewaktu sekolah anda membenci kegiatan Pramuka ? Dulu disekolah saya kegiatan Pramuka sulit untuk diadakan karena ada salah satu oknum guru yang sangat membenci kegiatan ini. Akhirnya kegiatan Pramuka tetap berjalan seperti biasa dengan mengalami banyak hambatan. Pramuka dianggap kegiatan yang sok-sok berlagak militer, kegiatannya hanya bisa berkemah dilapangan sekolah, juniornya pun dibentak-bentak sampai nangis. Tidak disukai siswa karena pendidikannya kaku dan disiplin, ya jelas aja karena umumnya para ABG sukanya bersenang-senang dan nggak mau terikat apalagi disiplin.
Terlepas dari itu semua sebenarnya Pramuka (Praja Muda Karana) adalah kegiatan mendidik kedisiplinan siswa.. dalam Pramuka siswa diajarkan mengelola kelompok, baris berbaris, kecakapan khusus, manajemen kepemimpinan, menjelajah, membaca peta, tali menali, dan bahkan kegiatan lainnya yang tidak akan pernah ditemui bila anda hanya duduk dibangku mengikuti pelajaran saja.

Kenyataan dilapangan yang terlihat bahwa Pramuka hanya kegiatan ekstrakulikuler biasa, hanya untuk suka-suka, dan pembinaannya juga kurang. Padahal bila mengambil makna sebenarnya dan menjalankan sepenuhnya, kegiatan Pramuka justru akan melahirkan para generasi muda berbakat dan calon pemimpin baru. Mayoritas seorang anggota Paskibra, OSIS, dan organisasi intern sekolah lainnya berasal dari siswa yang aktif dalam kegiatan Pramuka. Pramuka tidak mendidik siswa hanya sebentar, dari Sekolah Dasar hingga Kuliah kegiatan Pramuka ada dan dengan pangkat yang berbeda-beda.

Dalam Pramuka ada beberapa tingkatan yaitu :
  • SEKOLAH DASAR (SD) disebut Pramuka Siaga
  • SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) disebut Pramuka Penggalang
  • SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) disebut Pramuka Penegak
  • PERGURUAN TINGGI disebut Pramuka Pandega

0 komentar:

Posting Komentar